JIKA ORANG LAIN BISA MENGAPA KITA TIDAK

Minggu, 18 November 2012

BATU KERAMAT


Haiiyyy,,, Teman-teman,,, kali ini aku ingin mengajak teman-teman untuk menggemari hobby yang satu ini yaitu membaca,,, salah satunya dengan membaca dongeng. Sebagai orang Indonesia,,kita harus mengetahui cerita rakyat yang ada di berbagai proponsi di Indonesia,,, salah satunya cerita rakyat dari propinsi papua ini….Selamat Membaca!!!!!!
BATU KERAMAT
Di daerah yapen timur (papua) terdapat sebuah gunung bernama kamboi rama.Masyarakat berkumpul dan berpesta di gunung itu.Di gunung itu juga tinggal seorang dewa yang bernama Iriwonawai.Dewa itu memeliki sebuah gendang yang diberi nama sokirei. Jika gendang itu berbunyi, orang-orang akan berdatangan dan berkumpul karena pada kesempatan itulah mereka akan melihat gendang itu, akan tetapi, yang dapat melihat gendang hanya oaran-orang tua berkekuatan gaib.
Dewa irowonai mempunyai seebuah desa yang banyak ditumbuhi tanaman sagu, yaitu dusun Aroempi. Sagu merupakan makanan pokok penduduk daerah Wawuti Revui. Akan tetapi, sagu itu lama-kelamaan berkurang. Dewa marah.Kemudian, tanaman sagu itu dipindah. Penduduk takut dan mereka pindah ke daerah pantai. Disana mereka mendirikan daerah baru yang diberi nama Randuayaivi. Setelah itu, di Kamboi rama hanya tinggal Iriwonawai dan sepasang suami istri bermaima Irimiami dan isoray.

Pada suatu Pagi, Isoray duduk diatas batu untuk berjemurdiri. Beberapa saat kemudian, batu yang didudukinya itu mengeluarkan gumpalan awan panas sehinggga dia tidak tahan duduk di batu itu.Kemudian, Irimiami mengambil daging rusa dan diletakkannya diatas batu itu. Tidak lama kemudian, daging rusa itu diangkat dan dimakan. Ternyata daging rusa itu terasa lebih enak. Sejak itu, irimiami dan Isoray selalu meletakkan makan di atas batu keramat.

Tidak ada komentar: