JIKA ORANG LAIN BISA MENGAPA KITA TIDAK

Senin, 19 November 2012

BAHAN MAKANAN TERMAHAL DI DUNIA


Nuzil Blog Community - BahanMakananTermahal di Dunia
Ternyatatidakhanyabarang-barangelektronikseperti i-pad, iphone, ataupunkendaraan yang di jualdenganhargamahal.Di beberapabelahandunia, sebutirbuah melon bisalakuterjualhinggaratusanribuhinggajutaan rupiah.Bayangkanbagaimanaenaknyamenjadiseorangpetani di manahasilperkebunanmereka di hargaisangattinggi di pasaranlokalnegara  mereka, sesuatu yang sangatberbedatentunyadengankenyataan yang ada di negarakitasendiri.
Berikutiniadalahbahanmakanantermahal di dunia yang di saringdariberbagaimacamsumber.

Yubari King Melon 

Samasepertidaging Kobe yang hanyadiproduksi di kota Kobe, Jepang, melon Yubari King jugahanyadibuatolehpetani-petani di Yubari, Jepang. Iniadalahbuahhasilpersilanganduajenis melon, menghasilkan melon kuning yang manis, besar, danbentuknyaproporsional. Melon Yubari King biasanyadijualsepasang, denganhargaRp 450 ribuhinggahampirRp 1 juta.

Jamur Truffle Putih 

Hinggasaatinibelumada orang yang berhasilmenanamataumembudidayakanjamur truffle putih.Jamurinihanyabisadidapatkan di hutan di Italia Utara padabulan September danDesember.Setengah kilogram jamurjenisinidijualdenganharga paling murahRp 27,5juta.

SarangBurungWalet 

Sarang yang dibuatdari air liurburungwaletinibiasanyaakanmelebur di dalam sup kental yang takhanyalezattapijugatingginutrisi. Bahanmakananinimahalkarenaburungwaletbutuhwaktu 2 bulanuntukmembuatnya, dantiapburunghanyamembuat 2-3 sarangsetiaptahun.Untukmendapatkannya pun prosesnyatakmudahkarenapetaniharusmengambilnyadarilekukdanlorong-loronggua yang sulitdiraih.Sarangburungwalethanyabisadidapat di negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia, danCina yang sengajamembangunrumahburungraksasauntukmemeliharaburungwalet.Di pasaraninternasional, harganyamencapaRp 183 ribuuntuksatubuahsarang.

AcetoBalsamicoTradizionale 

Cuka balsam adalahbahanmasakanpenting yang dipakaibanyakkoki.Namuncuka balsam tradisional yang hanyadibuat di Modena atu Reggio, Italia, inihanyadipakaikoki-kokipapanatas di duniakarenaharganya yang sangatmahal.DibutuhkananggurTrebbianodalamjumlah yang sangatbanyakuntukdiolahdandifermentasikanselama 12-25 tahunsebelumakhirnyamenghasilkansatubotolkecilcuka balsam tradisionalini.Harganya?Rp 1,8jutauntukbotol 100 ml.

Kopi Luwak 

Biji kopi yang banyakditemukan di Indonesia inimenghasilkan kopi dengan rasa yang lebihhalusdantidakterlalupahit.Inikarenabijikopinyasudahdifermentasikan di dalamperutluwaksebelumdikeluarkanbersamakotoran.Harga kopi luwak di pasarinternasionalmencapaiRp 4,5juta rupiah untuk 0,5 kilogram.


JamónIbérico de Bellota 

JanganheranjikanamanyasepertibahasaSpanyol, karenadaginginihanyabisadidapat di Spanyol.JamónIbérico de Bellotaadalahdaging kaki babi yang diawetkan.Bukansembarangbabi, tapibabi yang dibiarkanhidupbebas di hutan di bagianbaratSpanyol yang kaya akanbijipohonek, sehinggababi-babiinihanyamengonsumsibijiek, jamur liar, danrerumputan. Bebasdarilemak.Setelahditangkap, dagingbabiinidiawetkanselama 2 tahunsebelumakhirnyadijualkepasarandenganhargahampirRp 800 ribuuntuk 0,5 kilogram.

Saffron 

Saffron adalahrempah yang harganyamemangmahal, namun saffron jenis "Coupe" adalah yang termahal.Saffron jenisinidijualdenganhargatermurahRp 90 ribu per gram, danbisamencapaiRp 275 ribuuntuk yang kualitasterbaik.

KaviarIkanTerubuk 

Kaviar alias telurikan yang diasinkanmemangdikenalsebagaimakananmahal.Namunkaviar yang diambildariikanterubuk (sturgeon fish) adalah yang paling mahaldenganhargalebihdariRp 4,5jutauntuksatuporsi. Kaviarinimahalkarenaikanjenisosetra surgeon butuhwaktu 10 tahununtukmenghasilkantelur.Ikaninijugalangkadantermasukspesies yang dilindungi, sehingganelayanharusberhati-hatisaatmenangkapnyadanmengambiltelurnya.

Tidak ada komentar: